Rabu, 25 November 2009

KEMUNGKARAN DALAM BERPUASA

1.    DUA HARI BERPUASA TETAPI MALAMNYA TIDAK BERBUKA  ( WISHOL )

Santri:
            Pak kiya iada orang berpuasa sunnah / riyadhoh lebih dari dua hari tetapi malamnya tak berbuka itu hukumnya bagaimana?.
Kiyai:
             Anak-anakku yang tersayang ! itu namanya wishol dan hukumnya haram keterangan dari kitabSULAIMAN AL-KURDI juz 2 halaman 125.
وعبارته:ويحرم الوصال في صوم الفرض والنفل للنهي عنه
في الصحيحين وهو صوم يومين فاكثر من غـير ان يتناول بينهما في الليل مفطرا.


Artinya:
             Haram melakukan WISHOL dalam berpuasa baik puasa fardlu atau puasa sunnah karena ada larangan yang di riwayatkan dalam dua kitab Jami`usshohih (shohih Bukhori dan Shohih Muslim) dan wishol ialah puasa dua hari atau lebih melamnya tidak berbuka.

2.    PUASA PATI GENI ( NGEBLENG / TIDAK MAKAN, TIDAK MINUM DI MALAM HAR )

Santri:
           Pak kiyai ! kami sering mendengar dan melihat orang yang berpuasa riyadloh dan puasa terakhir malamnya tidak makan tidak minum lalu itu termasok WISHOL apa tidak?.
Kiyai :
            Anak-anakku  yang tersayang ! Kalau malam dimana dia tidak makan tidak minum lalu paginya tidak puasa, maka Musyawaroh Mu`tamar Thoriqo Mu`tabaroh di Meranggen pada tanggal 25-26 Agustus 1973 memutuskan tidak termasuk WISHOL karena yang di sebut wishol itu antara dua puasa malamnya tidak berbuka / tidak makan, tidak minum sama sekali. Tetapi hukumnya tetap  Makruh  karena tidak  mengikuti anjuran  Rosulullah  Ta`jilul fitri (cepat cepat berbuka ketika datang waktunya).

1 komentar:

  1. Harrah's Resort Southern California - Mapyro
    Harrah's Resort Southern California. 의왕 출장안마 Total gaming space 744,000 sq 삼척 출장안마 ft (10,000 m2) 공주 출장샵 featuring 부산광역 출장안마 694 gaming machines, 70 table games,  거제 출장안마 Rating: 2 · ‎1 vote

    BalasHapus